AWAL TERJADINYA PULAU MALAU
Nantinjo adalah putri bungsu dari Guru Tatea Bulan/Sibaso Bolon
dari sepuluh bersaudara, anak yang pertama adalah Raja Uti, ke dua
Saribu Raja, ke tiga Limbong Mulana, ke empat Sagala Raja, ke lima Lau
Raja sedangkan perempuan yang pertama adalah Biding Laut, ke dua Boru
Pareme, ke tiga Anting Haumasan, ke empat Sinta Haumasan dan ke lima
Nantinjo. Kita dapat berbicara langsung dengan Nantinjo melalui Nai
Hotni Boru Sagala yang tinggal di Cianjur Jawa Barat yang menjadi tempat
masuknya Roh Nantinjo (Hasorangan). Tujuan Nantinjo kembali kedunia
adalah untuk mengobati, membantu orang yang meminta pertolongan terlebih
keturunan dari Bapak dan Ibunya serta meluruskan sejarah asal mula
keturunan dari keluarganya dan mempersatukan kembali keturunan Bapaknya
Guru Tatea Bulan/Sibaso Bolon.
Semasa hidupnya, Nantinjo mengalami penderitaan yang cukup berat,
sebab ketika lahir kedunia ini saja dia tidak sempuma, dikatakan wanita
bukan, pria juga bukan.Pada saat umurnya sepuluh tahun kedua orang tua
Nantinjo telah di panggil Yang Kuasa. Semenjak ditinggal kedua orang
tuanya semakin beratlah penderitaan yang dialaminya. Nantinjo tinggal
bersama abangnya Limbong Mulana, karena yang tinggal dikampung pada saat
itu hanyalah ketiga abangnya Limbong Mulana, Sagala Raja serta Lau
Raja, sedangkan abangnya Raja Gumeleng-Geleng telah pergi dibawa oleh
Yang Kuasa kepuncak Gunung Pusuk Buhit. Abangnya yang nomor dua Saribu
Raja telah pergi juga merantau entah kemana rimbanya, dikarenakan adanya
skandal cinta dengan adiknya sendiri Boru Pareme.
Kemelut keluarga yang begitu hebat telah melanda keluarga Nantinjo
sehingga abangnya yang nomor tigalah yang harus bertanggung jawab atas
diri Natinjo sepeninggal kedua orang tuanya. Walaupun Nantinjo tinggal
dirumah abangnya sendiri, penderitaan yang dialaminya sangat berat
karena begitu besar tanggungjawab yang dibebankan abangnya terhadap
dirinya mulai dari mengurus rumah, mengasuh anak-anak, serta mencari
bahan makanan ke hutan. Dan yang membuat hati Nantinjo sangat menderita
apabila Nantinjo salah sedikit saja pastilah dia mendapat hukuman dari
abangnya. Siksaan demi siksaan diterima Natinjo hari lepas hari dari
abangnya tersebut. Meskipun begitu berat penderitaannya Nantinjo pasrah,
sebab tumpuan harapan pengaduannya telah pergi merantau entah kemana.
Nantinjo mempunyai keahlian bertenun, maklumlah pada saat itu dia
harus bertenun jika ingin mempunyai pakaian. Setiap bertenun, Nantinjo
selalu melantunkan syair lagu penderitaannya dengan berlinang air mata
sambil memohon kepada yang Kuasa agar ditunjukkan jalan padanya untuk
dapat keluar dari deritanya. Melihat dan mendengar penderitaan serta
jeritan hati Nantinjo, Yang Kuasa akhirnya menunjukkan jalan keluar
kepada Nantinjo. Pada suatu saat datanglah abangnya Lau Raja bertamu
kerumah Limbong Mulana, melihat adiknya sedang menangis hatinya sedih,
sebagai abangnya Lau Raja penasaran dan bertanya kepada sang adik,
mengapa engkau menangis Nantinjo? Namun pertanyaan abangnya itu bukan
membuat Nantinjo diam malah membuat tangisan Nationjo semakin keras. Lau
Raja pun mendekati adiknya, dipeluk dan dihibur adiknya dengan penuh
kasih sayang sambil bertanya ada apa gerangan yang membuat hati adiknya
begitu pilu dan sedih? Sadar bahwa abangnya begitu sayang kepadanya,
Nantinjo akhirnya menceritakan segala penderitaannya dan menunjukkan
luka dipunggungnya akibat siksaan yang kerap dilakukan abangnya Limbong
Mulana kepadanya.
Tanpa sadar Lau Raja memanggil nama ibunya“Sibaso Bolon” sambil
berujar “teganya kamu Ibu, membiarkan putri bungsumu mengalami
penderitaan yang begitu berat dan tidak berkesudahan”. Sambil membelai
adiknya, Lau Raja mengajak Natinjo pergi dari rumah Limbong Mulana dan
ia berjanji akan menyayangi Natinjo. Mendengar ucapan dan janji
abangnya, Nantinjo langsung mengikuti ajakan Lau Raja. Akhirnya Lau Raja
membawa Nantinjo ke Simanindo Pulau Samosir tempatnya tinggal .Semenjak
tinggal dengan Lau Raja. Nantinjo merasa senang, tenang dan bahagia.
Nantinjo diberi kebebasan untuk melakukan kesenangannya bertenun
walaupun abangnya miskin .
Hari lepas hari berganti, tak terasa Nantinjo sudah mulai
berkembang menjadi gadis remaja yang anggun, cantik dan bersahaja.
Kecantikan wajah dan sikap Nantinjo yang tidak pernah membedakan
teman-temannya semakin menambah harum namanya terlebih dikalangan
pemuda. Nantinjo menjadi gadis pujaan semua lelaki baik dikampungnya
maupun dari kampung seberang danau toba. Seorang pemuda dari
perkampungan (Huta) Silalahi sangat tertarik kepada Nantinjo dan ingin
menjadikannya sebagai pendampingnya seumur hidup. Tanpa mengadakan
pendekatan kepada Nantinjo, pemuda tersebut langsung meminta kedua orang
tuanya untuk segera meminang Nantinjo. mendengar permintaan sang anak,
orang tua pemuda tersebut sangat senang dan bangga ternyata putra mereka
bemiat meminang bunga desa dari Simanindo.
Tanpa membuang banyak waktu, pihak keluarga tersebut akhirnya
berangkat beserta rombongan ke rumah Lau Raja. Dengan maksud untuk
meminang Nantinjo yang akan dijadikan istri dari putranya. Setelah
mendengar dan mendapat pinangan tersebut, Lau Raja mengundang kedua
abangnya Limbong Mulana dan Sagala Raja untuk mengadakan rapat keluarga,
untuk menentukan apakah pinangan tersebut diterima atau tidak.
Ternyata, kedua abangnya mempunyai pendapat yang sama yaitu
menerima pinangan tersebut. Namun Lau Raja berpendapat bahwa Nantinjo
yang harus menentukan keputusan itu, diterima atau tidaknya lamaran
tersebut. Kemudian mereka memanggil Nantinjo untuk hadir dalam rapat
keluarga tersebut, dan mempertanyakan kepada Natinjo apakah ia bersedia
menerima pinangan pihak laki-Iaki dari seberang danau toba itu? Sadar
akan keberadaan dirinya yang laki-laki bukan perempuan juga bukan dengan
spontan Nantinjo menjawab bahwa dirinya belum siap untuk berumah
tangga. Dengan alasan Natinjo ingin menyelesaikan tenunannya terlebih
dahulu agar dia bisa memakainya suatu saat nanti jika ia telah siap
untuk berumah tangga.
Namun abangnya Limbong Mulana tidak memperdulikan jawaban Nantinjo
dan tidak memberikan kesempatan kepada Nantinjo untuk menolak. Katanya
“kamu harus menerima pinangan tersebut”. Mendengar paksaan dari abangnya
itu tanpa sadar air mata Nantinjo menetes dipipi, dia berpikir tidak
akan bisa melawan keinginan abangnya Limbong Mulana. Nantinjo
melayangkan pandangan kepada abangnya Lau Raja dengan harapan dapat
membela dirinya, namun Lau Raja pun tidak dapat membela adik yang sangat
disayanginya itu karena dia sendiripun takut akan amarah abangnya
Limbong Mulana. Melihat situasi seperti itu Nantinjo hanya dapat
menangis dan menjerit meratapi nasibnya dalam hati.
Hanya Nantinjo sendiri yang tahu siapa dirinya yang sebenarnya.
Ketiga abangnya tidak mengetahui bahwa Nantinjo tidak sempurna
dilahirkan kedunia ini sebagai seorang wanita. Nantinjo menolak karena
dia menyadari bahwa dia tidak akan dapat membahagiakan calon suaminya
dikemudian hari. Nantinjo berusaha berpikir keras, alasan apalagikah
yang tepat untuk dapat menolak lamaran tersebut.
Nantinjo terus berfikir, berusaha mencari alasan untuk menolak
lamaran tersebut. Akhirnya dia mendapat ide dan mengatakan kepada
abangnya: “Saya bersedia menerima pinangan dengan syarat pihak laki-laki
itu harus dapat menyediakan emas satu perahu penuh serta uang ringgit
satu perahu penuh” Mendengar persyaratan yang diberikan Nantinjo
ternyata orang tua calon suaminya siap memenuhi permintaannya itu,
bahkan calon mertuanya mengatakan lebih dari permintaanmu kami dapat
kami penuhi.
Setelah kedua belah pihak sepakat, pihak lelaki kembali ke
kampungnya diseberang Pulau Samosir. Keesokan harinya, pihak laki-laki
itupun datang kembali beserta rombongan dengan membawa persyaratan yang
diminta Nantinjo, yaitu emas satu perahu dan ringgit satu perahu.
Melihat emas satu perahu dan ringgit satu perahu keserakahan
Limbong Mulana timbul, sikapnya langsung berubah lembut kepada Nantinjo.
Dengan lembut Limbong Mulana mengatakan kepada adiknya “sekarang kamu
tidak memiliki alasan lagi untuk menolak pinangan calon suamimu itu
adikku, sebab calon mertuamu sudah memenuhi permintaanmu disaksikan
ketiga abang¬-abangmu serta khalayak ramai. Begitu tulusnya calon
mertuamu menjadikan kamu sebagai menantu, dan sebagai abangmu yang
tertua diantara kami, aku memutuskan bahwa kamu harus berangkat saat ini
juga ikut dengan suamimu, Doa Restu dari kami abang-abangmu menyertai
keberangkatanmu. Kami mendoakan kiranya Tuhan memberikan kebahagian
lahir maupun batin kepada kamu” kata Limbong Maulana panjang lebar.
Dengan hati yang hancur Nantinjo menatap abangnya satu persatu
sambil berkata kepada abangnya Lau Raja : “Jikalau memang saya harus
berangkat untuk berumah tangga dengan calon suami saya yang bukan
pilihan hati saya, tetapi dikarenakan godaan emas dan ringgit satu
perahu, ternyata kalian tega memaksa saya untuk berumah tangga, bagiku
tidak ada pilihan kecuali menerima namun permintaanku pada abang:
”Kumpulkanlah semua apa yang menjadi milikku termasuk alat yang selalu
kupakai untuk bertenun. Bambu turak ini tempat benang tenunku tolong
tanamkan di ujung desa ini, suatu saat nanti semua keturunan Bapak dan
Ibuku akan melihat dan mengingat saya yang penuh dengan penderitaan.”
Lau Raja memenuhi permintaan adiknya dan berjanji akan
melaksanakannya. Nantinjopun akhirnya menaiki perahu kesayangannya dan
berangkat meninggalkan kampung itu mengikuti rombongan calon suaminya.
Sambil mendayung perahu hati Nantinjo terus gusar. Dia tidak dapat
membayangkan apa yang bakal terjadi setelah sampai dikampung calon
suaminya nanti. Kegundahan dan kekalutan pikiran Nantinjo tidak
menemukan jawaban, kemudian Nantinjo memohon dan berseru kepada ibunya
Sibaso Bolon, “Bu, mengapa ini harus terjadi, seandainya dahulu ibu
cerita kepada semua abangnya tentang keadaan Natinjo yang sebenarnya,
mungkin ini tidak akan terjadi. lbulah yang bersalah serta Limbong
Mulana yang tergoda dengan emas dan ringgit satu perahu”. Dengan hati
yang sangat pilu Nantinjo bertanya kepada Ibunya, “masihkah lbu sayang
pada putrimu ini? kalau lbubenar-benar masih sayang dengarkanlah jeritan
hati putrimu ini yang pal¬ing dalam. lbu! saya tidak mau berumah tangga
sebab itu hanya akan membuat aib dikeluarga, Putrimu ini rela berkorban
demi nama baik keturunan Bapak dan lbu di kemudian hari. Saya tahu ibu
dapat berkomunikasi langsung dengan Yang Kuasa, Pintalah kepada Yang
Kuasa agar saya lepas dari penderitaan ini dan persatukanlah saya dengan
ibu”. Mendengar jeritan sang putri yang sangat memilukan hati, ibunya
pun meminta kepada Yang Kuasa. Maka seketika itu juga turunlah hujan
yang sangat lebat, angin dan badaipun datang menerjang perahu Nantinjo.
Gemuruh ombak disertai halilintar turut menangis melihat penderitaan
Nantinjo. Akhirnya perahu Nantinjopun tenggelam ditelan ombak danau
toba. Nantinjo menemui ajalnya seketika itu juga. Ketiga abangnya yang
menyaksikan hal itu merasa bersalah serta takut.
Bahkan setelah Limbong Mulana memeriksa emas dan ringgit satu
perahu yang diberikan calon suami adiknya ternyata hanya diatasnya saja
emas dan ringgit dibawahnya hanya gundukan pasir dan tanah. Penyesalan
yang timbul selalu datang terlambat, apa mau dikata Nantinjo sudah
tenggelam ke dasar danau toba.
Keesokan harinya disaat orang masih tertidur pulas Lau Raja pergi
kepantai tempat perahu Nantinjo diberangkatkan dengan harapan dapat
menemukan adiknya hidup maupun mati. Ditelusurinya sepanjang pantai
namun tidak ditemukan jasad adiknya. Sambil menangis tersedu-sedu Lau
Raja meminta dalam hatinya kepada Yang Kuasa agar jasad adik yang
disayanginya dapat ditemukan.
Sayup-sayup Lau Raja mendengar bisikan: “Adikmu Nantinjo sudah saya
bawa ketempat yang aman, sekarang dia bersama ibumu. Anakku hapuslah
air matamu, dan lihatlah ketempat dimana perahu adikmu tenggelam, disitu
kau akan melihat satu keajaiban dunia, perahu adikmu akan muncul
kembali berupa pulau.“ Inilah sebagai pertanda bagi keturunanku di
kemudian hari betapa tulus dan mulia pengorbanan adikmu, tidak pernah
mau membuat saudaranya malu dan terhina dihadapan orang“.
Tiba-tiba Lau Raja tersadar dan melihat dimana perahu adiknya
tenggelam, dengan rasa kaget dia melihat apa yang dibisikkan oleh
ibunya.Timbulnya pulau itu membuat Lau raja merasa adiknya Nantinjo
serasa hidup kembali, dan dia berjanji pada diri sendiri bahwa ia
beserta seluruh keturunannya harus menjaga dan merawat serta menyayangi
pulau itu, sebagaimana dia menyayangi adiknya.Lau Raja memberi nama
pulau itu“PulauMalau”.
TURUNNYA ROH NANTINJO
Setelah Nantinjo tenang bersama ibunya disisi Yang Kuasa, pada
suatu hari ibunya meminta Nantinjo untuk turun kebumi untuk melihat
keturunan ibunya. Itulah pertama sekali Nantinjo menumpang ke tubuh
orang (marhuta¬ hula) di desa sagala. Pada saat itu ada seorang ibu,
istri dari marga sagala sedang pendarahan dan Nantinjo menumpang ke
tubuh orang yang kurang waras. Nantinjo meminta air untuk menyembuhkan
si ibu namun orang-orang yang ada dirumah itu berserta keluarga si ibu
tersebut mengatakan bagaimana kamu bisa membantu, kamu saja kurang
waras, namun Nantinjo tetap meminta air, akhirnya mereka memberikan air
yang diminta Nantinjo dan dia mengobati si ibu.
Betapa herannya orang yang ada dirumah itu karena si ibu dapat
sembuh. Akhirnya mereka bertanya “siapa kamu sebenarnya, lalu Nantinjo
menjawab: saya adalah namboru kalian Nantinjo” mereka menjawab
Nantinjokan sudah tenggelam, tetapi Nantinjo menjawab bahwa Rohnyalah
yang menumpang pada orang yang kurang waras tersebut serta mengatakan
“Jikalau kalian butuh bantuan panggillah namaku, terlebih kalau di danau
toba. Natinjo juga berpesan kepada mereka, kalau telur ayam kalian
mengecil jangan kalian takut sebab akulah yang meminta, kalau padimu
tertinggal disawah dan tidak dapat kamu panen akulah yang memintanya.
Kemudian Nantinjo kembali lagi kesisi ibunya.
Melihat keturunannya (pomparan) semakin berantakan serta sering
memanggil-manggil nama putrinya Akhirnya Ibunya Sibaso Bolon meminta
Nantinjo kembali ke dunia untuk membantu keturunannya dan mengupayakan
untuk mempersatukan kembali keturunan ibunya.
Sekarang Nantinjo dapat kita temui melalui nai Hotni yang ada di
Cianjur untuk meminta pertolongan ataupun menggali sejarah Pomparan Guru
Tatea Bulan/Sibaso Bolon. Sebelumnya nai Hotni juga tidak mengetahui
kalau dirinya telah dipilih Nantinjo sebagai hasorangan (yang
menggendong Nantinjo). Memang semenjak kecil telah terjadi keanehan yang
selalu dibuat nai Hotni melalui Nantinjo. Pada usia empat tahun nai
Hotni telah menyembuhkan seorang gadis yang sakit parah bahkan sudah
divonis dokter tidak panjang umur. Saat ini gadis yang divonis harus
meninggal itu masihlah hidup dan umurnya kira-kira 60 tahun kurang
lebih. Dan gadis itu berada di daerah sidikalang, tepatnya di sumbul.
Dan yang lebih aneh jikalau nai Hotni marah ataupun sedang kesal diwaktu
kecil cukup diberikan sebuah jeruk purut, maka amarah dan kesalnya akan
hilang, tidak seperti kebiasaan anak lainnya yang dapat dibujuk dengan
permen atau mainan.
Nai Hotni adalah hasorangan namboru Nantinjo yang ke Lima. Yang
pertama gadis yang kurang waras di desa sagala meskipun hanya
sekejap,yang kedua sampai ke empat namboru memilih dari boru Limbong,
boru sagala dan boru malau. Sebelum nai Hotni resmi menjadi hasorangan
Nantinjo kehidupannya sangat menderita. Kalau kita mendengar ceritanya
hampir mirip dengan penderitaan Nantinjo, semenjak merantau tahun 1994
ke pulau Jawa, tepatnya Jawa Barat kehidupan keluarga nai Hotni sangat
menderita. Adapun tujuan mereka merantau untuk merubah nasib namun
ternyata justru penderitaan yang datang silih berganti.
Pada saat itu nai Hotni dengan suaminya hidup dari berdagang. Agar
dagangannya laris mereka mencoba meminta bantuan kepada orang pintar
(Dukun), orang pintar tersebut mengatakan bahwa nai Hotni tidak perlu
minta bantuan karena ada yang mengikutinya, nai Hotni pun menoleh dan
menjawab tidak ada yang mengikuti saya! Sang dukun mengatakan bahwa dia
diikuti wanita yang berjubah putih. Semakin penasaran nai Hotni lalu
bertanya siapa? Namborumu jawab dukun itu, wong namboru saya masih hidup
jawab Nai Hotni sang dukun tersebut menjawab, yang diatas, karena
bingung Nai Hotnipun akhirnya pulang.
Suatu ketika, si Hotni demam lalu nai Hotni membawa anaknya ke
dukun untuk minta diobati namun sang dukun tidak mau memberikan dengan
alasan tidak mampu mengobati karena dihalang-halangi wanita berjubah
putih. Sang dukun mengatakan hanya pakai air liur ibu saja anak ibu
sehat, karena bingung dan bercampur kesal ia pun pun pulang kerumah.
Sesampai dirumah sambil tiduran menjaga si Hotni, dia teringat apa yang
dikatakan dukun tadi, lalu Nai Hotni mengusapkan liurnya kedahi
putrinya, setelah diusapkan ternyata panas si Hotni benar-benar hilang.
Akhir tahun 1995 nai Hotni jatuh sakit, dokter sudah menyatakan
tidak sanggup untuk menyembuhkan nai Hotni, suaminya sangat bingung mau
dibawa kemana istri tercintanya? dibawa berobat sementara penghasilanpun
sudah tidak ada, disaat sang suami sudah pasrah datanglah seorang ibu
menganjurkan agar nai Hotni mengurus namboru yang selalu mengikutinya.
Ibu itu juga mengatakan ia hanya dapat memberikan jeruk purut (anggir)
ini untuk diminum. nai Hotnipun meminum jeruk purut tersebut dan
kesehatannya pun mulai membaik.
Kemudian sang suami memutuskan untuk mengadakan gondang (gendang)
dikampung, namun tidak mungkin dilakukan karena pada saat itu karena nai
Hotni sedang hamil tua. Karena tidak jadi mengadakan gondang, kehidupan
nai Hotni semakin runyam dan tersiksa. Akibat rasa sakit yang tidak
tertahankan lagi akhirnya ama nihotni pun memutuskan untuk segera
mengadakan gondang tahun 1997 di kampung. Setelah mengadakan gondang
barulah datang Namboru Paraek Bunga-bunga setelah itu baru Namboru
Nantinjo datang ke nai Hotni.
Memanggil namboru Nantinjo harus terlebih dahulu memanggil Namboru
Paraek Bunga-bunga sebab kesucian Namboru Nantinjo lebih tinggi, tidak
boleh Nai Hotni langsung memanggil Namboru Nantinjo. Inilah satu
pertanda dimana namboru Nantinjo yang sebenarnya.
Pada tahun 1999 Namboru Nantinjo mengadakan gondang di Buhit pulau
Samosir. Pada saat itu sesepuh dari marga Limbong tidak memberikan ijin
dikarenakan tidak pernah ada yang dapat mengadakan gondang ditempat itu
katanya! Lalu namboru menjawab, kenapa kamu melarang sayamembuat gondang
di kampung saya sendiri? kalau yang lain bisa kamu larang, tetapi saya
tidak boleh kamu larang! Akhirnya sesepuh limbong tidak dapatberbuat
apa-apa gondang pun dilaksanakan. Gondang tersebut berjalan dengan
lancar dan sejak saat itulah orang-orang yang membawakan nama Namboru
Nantinjo mengadakan acara gondang dibuhit.
Satu tahun kemudian Namboru Nantinjo mengadakan gondang di
Simanindo tepatnya tanggal 9 Juni 2000, untuk Patappehon Oppung Silau
Raja kepada hasorangannya Nai Dianto boru Sidauruk Istri dare Ama Dianto
Malau yang sekaligus menjaga Bulu Turak Namboru Nantinjo. Melalui
hasorangan namboru Nantinjo nai Hotni boru sagala, acara patappehon
oppung Silau Raja berjalan dengan lancar.
NAMBORU MENGADAKAN GONDANG DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH
Untuk mempersatukan seluruh keluarga dari saudaranya laki-Iaki
(ibotonya) namboru Nantinjo mengadakan Pesta Budaya Batak di Taman Mini
Indonesia Indah (TMIl) pada tanggal 7 Oktober 2000. Seluruh keturunan
(pomporan) ibotonya pada saat itu hadir dalam acara tersebut. Pada
kesempatan itu namboru Nantinjo menceritakan riwayat hidupnya, serta
memperagakan bagaimana dia tenggelam di danau toba. Seluruh keturunan
ibotonya itu sangat antusias ingin mengetahui sejarah yang sebenarnya.
Namboru Nantinjo selalu menjawab apa yang dinginkan keturunan
ibotonya. Pada saat acara berlangsung terjadi keajaiban yang luar biasa,
turunnya hujan yang sangat deras disertai angin yang sangat kencang.
Ternyata penguasa alam gaib datang bertanya kepada Nantinjo siapa kamu
berani-berani membuat acara ditempat saya? Nantinjo menjawab, saya
keturunan Guru Tatea Bulan/Sibaso Bolon. Abang saya Raja Uti, Saribu
Raja,Limbong Mulana dan Sagala Raja. lalu Nantinjo balik bertanya, siapa
gerangan penguasa alam gaib yang datang? Yang ditanya hanya diam seribu
bahasa. Namun dia menangis sepertinya ikut merasakan kepedihan hati
Nantinjo. Karena tidak ada jawaban dari penguasa alam gaib tersebut,
Nantinjo akhirnya berkata: “siapapun kamu yang datang ini, saya mohon
jangan ganggu acara yang sedang saya lakukan, dan saya harap kamu
bersedia membantu saya mengembalikan pulau malau yang telah diambil oleh
orang lain”. Penguasa alam gaib itu tetap diam namun tidak bergeming
dari tempatnya, acarapun dilanjutkan kembali.
Ketika sedang asik menari (manortor) tiba-tiba namboru Nantinjo
mendadak datang dan bercerita kembali sambil bertanya kepada keturunan
ibotonya, apakah mereka mau membantu dia untuk mengembalikan pulau
malau? serempak keturunan ibotonya menyanggupi permintaan Nantinjo.
Setelah semua keturunan ibotonya menyanggupi permintaan Nantinjo
ditentukanlah kapan dan bagaimana cara pengembalian pulau malau. Setelah
berunding, ditentukanlah siapa yang ditunjuk sebagai perwakilan untuk
menemui keluarga sidauruk, dan selanjutnya akan diadakan gondang di
pulau Malau setelah urusan dengan Marga Sidauruk selesai.
Utusan yang sudah ditentukan berangkat menuju rumah Sidauruk
tanggal 02 Pebruari 2002 untuk membicarakan surat-surat pulau
Malau,namun pihak Sidauruk meminta agar mereka membawa perwakilan malau
yang ada di Simanindo dua atau tiga orang, jikalau sudah ada, maka
utusan Malau dari simanindo pihak sidauruk akan memberikan surat-surat
pulau Malau.
Utusan yang dikirim meminta ijin kepada pihak Sidauruk untuk
mengadakan gondang di pulau malau, dan hal itupun disetujui. Sambil
menunggu Malau dari simanindo dapat diundang untuk dapat bertemu dengan
pihak sidauruk.
MENGEMBALIKAN PULAU MALAU
Setelah ada ijin dari pihak Sidauruk maka pada Tanggal 28-30 Juni
2001 diadakanlah gondang dipulau malau sebagai tanda bahwa pulau malau
telah kembali sekaligus mempersatukan keturunan orang tuanya Guru Tatea
Bulan/Sibaso Bolon. Semua keturunan iboto Nantinjo hadir dalam acara
tersebut, bahkan hadir hasorangan yang jumlahnya delapan belas orang
yang membawakan nama Nantinjo datang pada saat itu.
Ketika acara sudah dimulai hasorangan yang membawakan Nantinjo
mulai kesurupan satu-persatu, namun namboru Nantinjo yang sebenarnya
belum datang. Diperkirakan ia sedang memantau apa saja yang dikatakan
oleh orang¬-orang yang mengaku sebagai hasorangannya, karena jikalau
benar sebagai hasorangan, Nantinjo harus tau apa yang dikatakan serta
apa yang harus diperbuat dalam acara tersebut. Begitu hebatnya
perdebatan yang terjadi pada saat itu antara yang mengaku hasorangan
Nantinjo dengan keturunan iboto Nantinjo, akhirnya Nantinjo datang
melalui nai Hotni. Ia mengumpulkan orang¬-orang yang mengaku sebagai
hasorangan Nantinjo, dia mengatakan “bahwa mereka adalah sebahagian yang
membawa tas (hajut) serta pengawal Nantinjo. kemudian Nantinjo meminta
mereka semua menangis di hadapan yang hadir di acara tersebut.
Semua yang mengaku hasorangan Nantinjopun menangis, lalu Nantinjo
menyuruh panuturinya (penterjemah) ama nihotni untuk mempersiapkan
napuran (debban) untuk dibagi-bagikan kepada mereka sebagai upah. Tanpa
sepengetahuan keturunan ibotonya, Nantinjo melakukan semua itu kepada
orang-orang yang mengaku hasorangannya dengan tujuan supaya keturunan
ibotonya itu mengetahui siapa sebenarnya yang dipilihnya menjadi
hasorangannya dan sebagai tambahan yang sangat renting. Untuk menambah
pengetahuan para pembaca bahwa tikar tempat duduk namboru Nantinjo harus
tiga lapis yang mempunyai arti bahwa namboru Nantinjo sudah menjalani
Banua Toru (tenggelam didanau toba) Banua Tonga (semasa hidupnya) dan
Banua Gijang (menghadap Yang Kuasa).
Tujuan mulia yang dilakukan Nantinjo kepada keturunan ibotonya,
ternyata disalahartikan oleh keturunan ibotonya. Pulau malau yang
seharusnya sudah kembali kepada si pemilik menjadi permasalahan kembali
karena pihak sidauruk tidak mau lagi memberikan surat-surat pulau malau
karena keturunan iboto Nantinjo. bahkan kabarnya sebahagian pihak malau
saat ini berusaha agar hasorangan namboru nantinjo harus boru malau.
Berbagai cara dilakukan malau yang ada di simanindo untuk
menggagalkan kembalinya pulau malau, yang seharusnya sesuai dengan janji
atau sumpah kakeknya ketika melihat pulau malau pertama kali harus
mereka laksanakan. Kita saja kalau makam orang tua kita diserobot orang
kita pastilah marah. Mengapa pulau malau sebagai pertanda dari leluhur
kita tidak kita rawat sebaik mungkin, malah saat ini justru orang lain
yang memilikinya. Tidak tertutup kemungkinan hal ini yang membuat
keturunan Oppu Guru Tatea Bulan/Sibaso Bolon semakin susah hidupnya.
Pernahkah kita menyadari hal ini. Hal ini juga yang membuat namboru
Nantinjo setengah hati untuk membantu keturunan dari ibotonya karena
Nantinjo merasa sedih kita keturunan ibotonya membiarkan sibuk-sibuk
(daging) namboru kita dikuasai orang lain.
Tidak tertutup kemungkinan semakin menderita kehidupan masyarakat
Batak disekitar Danau Toba serta pulau samosir saat ini disebabkan Pulau
malau dikuasai marga Sidauruk serta kurangnya perhormatan yang kita
lakukan terhadap leluhur. Coba kita kilas balik ke belakang, zaman Nahum
Situmorang almarhum, beliau sampai berani menciptakan lagu pulau
Samosir yang terkenal dengan kacangnya serta padinya, Tao Toba, Parapat
sebagai Kota turis. Sekarang apa yang kita lihat tidak ada perkembangan
bahkan dapat kita katakan lagu-Iagu ciptaan Bang Nahum Situmorang untuk
saat ini tidak berlaku lagi melihat kondisi pulau samosir dan Danau
Toba, coba kita renungkan dan kita benahi.
Pesta Mempersatukan Keturunan Ompu Guru Tatea Bulan/Sibaso Bolon
Mangkaroani Air Batu Sawan Ompu Raja Uti
Tanggal 17-18-19 Juni 2002
Pada Tanggal 17-19 Juni 2002 namboru Nantinjo mengadakan gondang
selama tiga hari-tiga malam untuk mempersatukan keturunan abangnya
didesaParik Sabungan Limbong Sianjur Mula-mula. Sesuai dengan adat yang
telah berlaku. Undangan yang telah disebarkan kepada keturunan Guru
Tatea Bulan/Sibaso Bolon dengan Pemerintah setempat Bupati, Camat,
Kepala Desa serta Raja Adat turut menghadiri acara tersebut.
Dalam acara tersebut keturunan Ompu Guru Tatea Bulan/Sibaso Bolon
memberikan kenang-kenangan berupa Ulos Batak kepada robongan
Bupatibeserta jajarannya serta memberikan buku sejarah Nyi Roro Kidul
yang menceritakan bahwa dia adalah Putri sulung dari Raja Batak, Guru
Tatea Bulan/Sibaso Bolon yang bernama Biding Laut. Selanjutnya Bupati
memberikan bantuan sebagai tanda turut berpartisipasi. Pada malam
harinya yang hadir meminta kepada nai Hotni boru Sagala untuk memanggil
namboru Nantinjo untuk bercerita kepada keturunan abangnya.
Setelah acara ritual dilaksanakan namboru Nantinjo datang dan
bercerita bahwa abangnya Saribu Raja dan Lau Raja telah kembali ke
kampung halamannya karena keturunannya telah bersatu hati. Katanya “ Ia
sangat bahagia melihat abangnya telah melihat kalian telah bersatu”.
Keturunan abangnya pun mengucapkan terima kasih kepada namboru meminta
kepada Oppung agar memberkati kami keturunannya.
Keesokannya, dipagi hari, tanpa sepengetahuan seorangpun melalui
hasorangannya A. Raja Limbong dari sidikkalang Oppu Raja Uti datang dan
menceritakan kegembiraan serta kebahagiannya melihat keturunannya telah
bersatu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar